Sejarah Maybelline
Maybelline adalah produk kosmetik
yang didirikan pada tahun 1915 oleh T.L Williams di New York, Amerika
Serikat.Nama Maybelline merupakan gabungan dari Maybel (nama saudara perempuan
T.L. Williams yang menjadi inspirasi produknya) dan Vaseline. Perusahaan ini
diambil alih oleh L’Oreal Group sejak tahun 1996, Grup L’oreal hadir pertama
kalinya di Indonesia pada tahun 1979.
MAYBE SHE'S BORN WITH IT. MAYBE
IT'S MAYBELLINE
1.Strengths (kekuatan) =
·
Brand kosmetik NO.1 didunia
·
menempati urutan nomor 1 di berbagai negara
seperti Perancis, Amerika, Inggris, Jepang
·
Produknya mudah di cari & di dapatkan di
outlet2
·
Variasi produk yg beragam lebih dari 200 produk
kosmetik dengan warna-warna cantik dan trendi
·
Harga terjangkau
·
teknologi terkini dan keahlian dalam trend
terbaru yang teruji secara ilmiah di
labotarium oleh pakar kecantikan.
·
Banyak mendapatkan awards di Indonesia dan di
dunia.
·
2.Weaknesses (kelemahan)
·
Karena produk yg sgt bervariatif jadi
pemakaiannya tidak hanya 1 produk
·
Price produk yg masih dianggap tinggi oleh beberapa
kalangan
·
Promosi yg kurang
·
Problem distribusi produk yg belum merata di
Indonesia
·
Pangsa pasar yg masih kecil di indonesia
dibanding produk lain
3.Opportunities (kesempatan)
·
Opportunity yg luas utk memperluas pasar di
domestik/internasional
·
Menjadikan brand yg unggul dengan konsep life
style yg modern
·
Meningkatkan profit perusahaan melalui penjualan
dari berbagai merk produk
·
4.Threat (ancaman)
·
Banyaknya saingan perusahaan yang bergerak
dibidang yang sama dan produknya lebih terkenal
·
Persaingan harga dari kompetitor
·
Persaingan brand image dari kmompetitor
Tujuan = mnjdi brand kosmetik no.!
di dunia (action)
Target segmentasi pasar usia 15-45 tahun , segmentasi demografis di
kota2 besar dan di selurung dunia. Mengusung konsep Maybelline New York
benar-benar sebuah merek yang sexy, urban, modern, feminine, fashionable
tapi tetap approachable !
PROGRAM INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC)
1. ADVERTISING
·
Above
the line (cakupan luas) : memasang iklan di televisi secara intens dengan brand
ambasador artis Sherina Munaf . Dengan jargon MAYBE SHE'S BORN WITH IT.
MAYBE IT'S MAYBELLINE
·
Mengusung
konsep Maybelline New York benar-benar sebuah merek yang sexy, urban, modern,
feminine, fashionable tapi tetap approachable !
·
Perusahaan
menjalankan iklan di majalah yang diarahkan perempuan dalam fashion dan layanan
magazine, yang dityjuka sesuai taerget segmentasi pasar.
2. Sales promotion
·
Penawaran
discount harga untk setiap pembelian produk Maybelline
·
Adanya
merchandise yg menarik
·
Tutorial
make-up bersama artis Sherina Munaf, bagi setiap konsumen yg membeli dlm
ketentuan harga trtntu bisa langsung mendapatkan free make-up product dan foto
bareng sherina.
·
Free
voucher & free make-over setiap
pembelian produk 100K
3. Personal selling
Konsumen adalah aset
terpenting dan berharga bagi perusahaan, oleh karena itu untuk memanjakan
konsumen dan memberikan high apresiasi dan menunjang profit perusahaan,
Maybelline jugA menghadirkan konsep penjualan produk dengan personal selling
dengan menyediakan SPG yg stand by di outlet2 yg telah tersedia agar konsumen
dpt secara langsung face-to-face mendapatkan berbagai informasi yg diperlukan .
4.DIRECT MARKETING (PENJUALAN LANGSUNG)
Untuk memudahkan
akses penjualan produk, Maybelline menyediakan outlet2 yg tersedia di Mall,
toko dan minimarket. Semuanya ditujukan agar lebih memudahkan konsumen untuk
mendapatkan produk dan agar produk bisa didapatkan di semua tempat.
5.event/sponsorship
·
Melakukan
sponsorship make up artis di berbagai acara televisi
·
Sponshorship
event “ JAKARTA FASHION WEEK 2013”. Yg dihadiri oleh Artis2 beken/ papan atas
di Indonesia (cth , Jessica Iskandar, Luna Maya, Wulan guritno, Al Ghazali,
ariel dll)
6.publisitas
·
Mengadakan
acara workshop “maybelline make-up beauty class”, melalui program workshop
trsbt, ,Maybelline mencoba mengusung konsep soft marketing, yg di desain dgn
high class workshop, beauty and smart.
·
Salah
satu event menarik dan edukatif yang dilaksanakan adalah kompetisi
brainstorming tingkat internasional yang dilaksanakan pada tahun 2009 dan
diikuti oleh berbagai perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri, yang berhasil
lolos untuk maju ke kompetisi tingkat internasional di Paris adalah Institut
Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Prasetya Mulya. Kompetisi ini bertema Be
Creative and Imagine MAYBELLINEs First Parfume. Tim-tim unggul saling berkompetisi menawarkan strategi pemasaran
kreatif dan menarik yang sesuai dengan produk seakan-akan mereka adalah seorang
brand manager.
7. Public relations
·
Acara
preskon dengan mengundang pihak media untuk meliput kegiatan workshop yg
dilakukan oleh Sherina Munaf sbgi brand Ambasador.
·
Programing
public relation dan CSR bekerjasama dengan berbagai elemen seperti pemerintah
dan instansi pendidikan utk proaktif dlm kegiatan “solidarity education for AIDS”.
Maybelline dan Loreal Group telah berkomitmen untuk selalu memberikan
Partisipasi positif yg bersifat humanis ini.
·
Program "Beauty from the Heart"
digagas L'Oréal Foundation dengan menyumbangkan produk-produk perawatan dan
kecantikan kepada berbagai organisasi mitra. Program ini bertujuan untuk
membantu mereka yang berkekurangan, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun
kesulitan ekonomi. Program ini juga mendukung studi-studi untuk mengevaluasi
efektivitas dari program ini.
8.internet/sosmed
Dengan semakin meningkatnya
aktifitas masyarakat yg mobilitasnya
begitu tinggi dan Untuk membangun komunikasi yg interaktif yg bersifat dua arah
dengan konsumen, Maybelline tidak ketinggalan melakukan promotion serta
penjualan produk melalui optimalisasi sosial media dengan membuat official
account fans page Facebook (MAYBELLINE INDONESIA), Twitter @MaybellineINA dan
bloger2 serta tutorial2 make-up via youtube. Dengan adanya official account
tersebut konsumen akan dengan lebih mudah untuk mengakses informasi ataupun
akses pembelian produk dimanapun dan kapanpun merekan berada tanpa adanya
borderline (batas).. STRATEGI MARKETING
TERSEBUT DITUJUKAN UNTUK LEBIH MENINGKATKAN LAGI PROFIT BAGI PERUSAHAAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar