Senin, 19 Mei 2014

RISET PROGRAM IMC PADA PERUSAHAAN KOSMETIK MAYBELLINE



Sejarah Maybelline




Maybelline adalah produk kosmetik yang didirikan pada tahun 1915 oleh T.L Williams di New York, Amerika Serikat.Nama Maybelline merupakan gabungan dari Maybel (nama saudara perempuan T.L. Williams yang menjadi inspirasi produknya) dan Vaseline. Perusahaan ini diambil alih oleh L’Oreal Group sejak tahun 1996, Grup L’oreal hadir pertama kalinya di Indonesia pada tahun 1979.


MAYBE SHE'S BORN WITH IT. MAYBE IT'S MAYBELLINE
1.Strengths (kekuatan) =
·         Brand kosmetik NO.1 didunia
·         menempati urutan nomor 1 di berbagai negara seperti Perancis, Amerika, Inggris, Jepang
·         Produknya mudah di cari & di dapatkan di outlet2
·         Variasi produk yg beragam lebih dari 200 produk kosmetik dengan warna-warna cantik dan trendi
·         Harga terjangkau
·         teknologi terkini dan keahlian dalam trend terbaru yang  teruji secara ilmiah di labotarium oleh pakar kecantikan.
·         Banyak mendapatkan awards di Indonesia dan di dunia.
·          
2.Weaknesses (kelemahan)
·         Karena produk yg sgt bervariatif jadi pemakaiannya tidak hanya 1 produk
·         Price produk  yg masih dianggap tinggi oleh beberapa kalangan
·         Promosi yg kurang
·         Problem distribusi produk yg belum merata di Indonesia
·         Pangsa pasar yg masih kecil di indonesia dibanding produk lain
3.Opportunities (kesempatan)
·         Opportunity yg luas utk memperluas pasar di domestik/internasional
·         Menjadikan brand yg unggul dengan konsep life style yg modern
·         Meningkatkan profit perusahaan melalui penjualan dari berbagai merk produk
·          
4.Threat (ancaman)
·         Banyaknya saingan perusahaan yang bergerak dibidang yang sama dan produknya lebih terkenal
·         Persaingan harga dari kompetitor
·         Persaingan brand image dari kmompetitor
Tujuan = mnjdi brand kosmetik no.! di dunia (action)
Target segmentasi pasar  usia 15-45 tahun , segmentasi demografis di kota2 besar dan di selurung dunia. Mengusung konsep Maybelline New York benar-benar sebuah merek yang sexy, urban, modern, feminine, fashionable tapi tetap approachable !


PROGRAM INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC)


1.   ADVERTISING
·         Above the line (cakupan luas) : memasang iklan di televisi secara intens dengan brand ambasador artis Sherina Munaf . Dengan jargon MAYBE SHE'S BORN WITH IT. MAYBE IT'S MAYBELLINE
·         Mengusung konsep Maybelline New York benar-benar sebuah merek yang sexy, urban, modern, feminine, fashionable tapi tetap approachable !
·         Perusahaan menjalankan iklan di majalah yang diarahkan perempuan dalam fashion dan layanan magazine, yang dityjuka sesuai taerget segmentasi pasar.


2.   Sales promotion
·         Penawaran discount harga untk setiap pembelian produk Maybelline
·         Adanya merchandise yg menarik
·         Tutorial make-up bersama artis Sherina Munaf, bagi setiap konsumen yg membeli dlm ketentuan harga trtntu bisa langsung mendapatkan free make-up product dan foto bareng sherina.
·         Free voucher & free  make-over setiap pembelian produk 100K

3.   Personal selling
Konsumen adalah aset terpenting dan berharga bagi perusahaan, oleh karena itu untuk memanjakan konsumen dan memberikan high apresiasi dan menunjang profit perusahaan, Maybelline jugA menghadirkan konsep penjualan produk dengan personal selling dengan menyediakan SPG yg stand by di outlet2 yg telah tersedia agar konsumen dpt secara langsung face-to-face mendapatkan berbagai informasi yg diperlukan .

4.DIRECT MARKETING (PENJUALAN LANGSUNG)
Untuk memudahkan akses penjualan produk, Maybelline menyediakan outlet2 yg tersedia di Mall, toko dan minimarket. Semuanya ditujukan agar lebih memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan agar produk bisa didapatkan di semua tempat.

5.event/sponsorship
·         Melakukan sponsorship make up artis di berbagai acara televisi
·         Sponshorship event “ JAKARTA FASHION WEEK 2013”. Yg dihadiri oleh Artis2 beken/ papan atas di Indonesia (cth , Jessica Iskandar, Luna Maya, Wulan guritno, Al Ghazali, ariel dll)

6.publisitas
·         Mengadakan acara workshop “maybelline make-up beauty class”, melalui program workshop trsbt, ,Maybelline mencoba mengusung konsep soft marketing, yg di desain dgn high class workshop, beauty and smart.
·         Salah satu event menarik dan edukatif yang dilaksanakan adalah kompetisi brainstorming tingkat internasional yang dilaksanakan pada tahun 2009 dan diikuti oleh berbagai perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri, yang berhasil lolos untuk maju ke kompetisi tingkat internasional di Paris adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Prasetya Mulya. Kompetisi ini bertema Be Creative and Imagine MAYBELLINEs First Parfume. Tim-tim unggul saling berkompetisi menawarkan strategi pemasaran kreatif dan menarik yang sesuai dengan produk seakan-akan mereka adalah seorang brand manager.


7. Public relations
·         Acara preskon dengan mengundang pihak media untuk meliput kegiatan workshop yg dilakukan oleh Sherina Munaf sbgi brand Ambasador.
·         Programing public relation dan CSR bekerjasama dengan berbagai elemen seperti pemerintah dan instansi pendidikan utk proaktif dlm kegiatan “solidarity education for AIDS”. Maybelline dan Loreal Group telah berkomitmen untuk selalu memberikan Partisipasi positif yg bersifat humanis ini.
·          Program "Beauty from the Heart" digagas L'OrĂ©al Foundation dengan menyumbangkan produk-produk perawatan dan kecantikan kepada berbagai organisasi mitra. Program ini bertujuan untuk membantu mereka yang berkekurangan, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kesulitan ekonomi. Program ini juga mendukung studi-studi untuk mengevaluasi efektivitas dari program ini.

8.internet/sosmed
Dengan semakin meningkatnya aktifitas masyarakat yg  mobilitasnya begitu tinggi dan Untuk membangun komunikasi yg interaktif yg bersifat dua arah dengan konsumen, Maybelline tidak ketinggalan melakukan promotion serta penjualan produk melalui optimalisasi sosial media dengan membuat official account fans page Facebook (MAYBELLINE INDONESIA), Twitter @MaybellineINA dan bloger2 serta tutorial2 make-up via youtube. Dengan adanya official account tersebut konsumen akan dengan lebih mudah untuk mengakses informasi ataupun akses pembelian produk dimanapun dan kapanpun merekan berada tanpa adanya borderline (batas).. STRATEGI MARKETING TERSEBUT DITUJUKAN UNTUK LEBIH MENINGKATKAN LAGI PROFIT BAGI PERUSAHAAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar