Senin, 19 Mei 2014

MEDIA PLANNING JFC RESTAURANT




 MEDIA PLANNING JUPE FRIED CHICKEN RESTAURANT BERDASARKAN RISET INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS



5.2.5.2 pemasaran langsung (Direct Marketing)

Pemasaran langsung (direct marketing) adalah metode penjualan di mana penjual mendekati pembeli secara langsung dengan produk atau jasa. Bentuk pemasaran langsung yang paling umum adalah penjualan melalui telepon, email, media cetak (misalnya, katalog, brosur) atau pemasaran berjenjang.


PROGRAM PEMASARAN LANGSUNG JFC:
1.      JFC menyediakan outlet-outlet yang dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan bertransaksi dan memberikan kenyamanan pada pelanggan ketika mereka berkunjung ke outlet JFC.
2.      Adanya bus JFC JUPITER (JUPE MUTER) yang nantinya akan stand by berjualan setiap weekend dan Car free day di daerah Dago.

5.2.5.3 izin pemasaran
PERIZINAN JFC FAST FOOD RESTAURANT:

Dalam proses perizinan pendirian restorann JFC, maka JFC telah memenuhi izin syarat Pengaturan, regulasi, dan standarisasi dari lembaga BPOM, Serta telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.
KODE PRODUKSI JFC yang telah lulus uji tahap verifikasi dari pemerintah adalah :
BPOM RI MD 227111034335. Dalam proses pembuatan izin pendirian tempat usaha, JFC juga telah mengantongi izin legalisasi dari pemerintah dan sudah lolos dari persyaratan dap tahap verifikasi yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.


5.2.5.4 program frekuensi pembelanjaan
Sebagai strategi perusahaan JFC (  (Customer Relationship Management) untuk mengikat konsumen dengan sebuah pembelian yang telah dilakukan. Pada tujuan akhirnya untuk meningkatkan profit perusahaan dan meningkatkan kepuasan konsumen, mempertahankan pelanggan yang lama & menambah pelanggan yang baru.


program Frekuensi Pembelanjaan JFC:

1.   Kusus untuk pelanggan JFC yang mempunyai Member Card akan mendapatkan kesempatan untuk holiday bareng bersama artis Julia Perez dengan ketentuan syarat dalam jangka waktu 6 bulan para konsumen ketika berbelanja di JFC akan mendapatkan kupon khusus event holiday ke Singapore apabila mereka sudah mencapai transaksi min> RP.100.000/order.
2.   Sales promotion :
a)      penawaran harga khusus pada setiap pelanggan JFC yang mempunyai  Member Card,
b)      Diskon 5% (+5% Member Card) setiap hari bagi konsumen yang membeli produk JFC pada jam tertentu 17.00-19.00 (dengan tujuan kusus segmentasi pasar  pada para karyawan yang pulang kerja)**syarat & ketentuan berlaku**
c)      Pembagian hadiah langsung/merchandise.



5.3 media plan
PROGRAM MEDIA PALNNING JFC:

1.   Advertising
a)      Membuat iklan di media cetak (tabloid NOVA & majalah GENIE) terbit setiap 2 sekali. Alasan menggunakan tabloid NOVA (tabloid khusus kuliner) sesuai target segmentasi pasar yaitu khusus ibu-ibu. Majalah Genie sesuai target segmentasi pasar yaitu usia remaja,  pemasangan iklan (Halaman 1)
b)      Radio (Ardan & Dahlia) kusus untuk acara fun bike= JFC menjalin kerjasama bisnis  advertising dengan berbagai radio di Bandung (masing2 radio mewakili target segmentasi pasar JFC). Dengan waktu siaran pagi 06.00-08.00/siang 11.00-13.00/ malam 17.00-22.00. dengan tujuan waktu tersebut ialah diharapkan dapat memenuhi keseluruahan segmentasi pasar. DI IKLANKAN SELAMA 1 BLN. Dan diwaktu-waktu tertentu secara psikologis diharapkan dapat menstimulus atau mempengaruhi pendengar para pendengar untuk pada finalnya memilih JFC sebagai pilihan mereka yang paling utama.
c)      DUA MEDIA TERSEBUT MENGGUNAKAN BRAND AMBASADOR  ARTIS JULIA PEREZ, dimaksudkan agar dengan nama besar Jupe maka masyarakat akan lebih menaruh kredibilitas dan mempunyai rasa interest yang lebih tinggi secara psikologis.

2.   Sales Promotion:
a.       penawaran harga khusus pada setiap pelanggan JFC yang mempunyai  Member Card,
b.      Diskon 5% (+5% Member Card) setiap hari bagi konsumen yang membeli produk JFC pada jam tertentu 17.00-19.00 (dengan tujuan kusus segmentasi pasar  pada para karyawan yang pulang kerja)**syarat & ketentuan berlaku**
c.       Pembagian hadiah langsung/merchandise.
d.      Pembagian brosur dan kupon JFC di event fun bike.

3.   Personal selling:
Konsumen adalah bagian terpenting dalam target pasar Jupe Fried Chiken. Konsumen yang konsumtif juga merupakan sasaran utama maka dari itu promosi yang kami lakukan untuk JFC dalam personal selling adalah dengan cara membagikan flyer di persimpangan jalan dan membuat event berskala besar seperti Fun Bike serta menggundang langsung Julia Peres agar mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat untuk datang dalam event tersebut. Karena kami rasa dengan mengadakan event tersebut akan dapat menyedot perhatian berbagai kalangan mulai dari anak kecil, dewasa, maupun yang sudah berkeluarga, sesuai dengan segmentasi JFC yang mencangkup semua kalangan.

4.   Di dalam bis JFC JUPITER sudah ada cakupan mix marketing dari (Direct Marketing, Sales promotion & personal selling).
5.   sosial Media:
1.      adanya program kontes “FUN PHOTOGRAPHY WITH JFC” yakni JFC membuat strategi soft marketing dengan cara melalui promosi internet di acara tersebut, dimana masyarakat dapat mengikuti kontes photo tersebut, mereka yang memiliki moment-moment foto bersama JFC  kemudian mereka kirim hasil foto-foto unik mereka melalui akun fans Page, twitter & website JFC. Dan pemenangnya akan mendapat doorprice yang special.
2.       Situs Internet JFC Berguna untuk membangun relasi antara perusahaan dan konsumen, kecanggihan teknologi di manfaatkan oleh para pembisnis untuk meningkatkan profit perusahaan. JFC menggunakan situs internet sebagai media untuk mengenalkan, mempromosikan bahkan memanjakan custumer agar mereka tergiur untuk membeli atau menggunakan brand mereka. Brand JFC juga mempunyai berbagai macam situs social media seperti : Fans Page Facebook, akun official twitter @Dadanya_jupe dan web  http://jfcimc.webs.com/.
3.      publisitas JFC dengan membuat artikel dimedia cetak dan elektrronik. tentang brand image JFC yang makanan Fast food non-cholesterol, low sugar, no Trans fat dan organic ingredients.
4.      Program Public Relation:
a)      Acara preskon JUPE diliput media dan akan ditayangkan pada acara INSERT TRANS TV.
b)       Program PR menjalin relasi antara perusahaan dengan karyawan agar makin erat hubungan secara formal maupun informal. Mengundang media dan melakukan press conference untuk event fun bike kususnya. Melakukan relasi dengan pihak PEMKOT Bandung agar image JFC bisa lebih strong di semua kalangan.
c)      Special Programing PR dan CSR bekerjasama dengan pemkot bandung dan instansi pendidikan untuk acara penggalangan dana dengan tema “ JFC UNTUK NEGERI”. Dimana kegiatan positif itu mengajak kaum pelajar bersama pemkot bandung untuk lebih membangun serta memajukan sarana & prasarana pendidikan di kota Bandung. Dalam program tersebut JFC ingin membangun sebuah kredibilitas dan kepedulian image terhadap masyarakat.

5.4 evaluasi : Menurut kami penerapan program-program IMC tersebut sudah sesuai dengan visi dan misi dari JFC Fast Food Restaurant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar