MEDIA PLANNING JUPE FRIED CHICKEN RESTAURANT BERDASARKAN RISET INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS
5.2.5.2
pemasaran langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah metode penjualan di mana penjual mendekati pembeli secara langsung dengan produk atau jasa. Bentuk pemasaran langsung yang paling umum adalah penjualan melalui telepon, email, media cetak (misalnya, katalog, brosur) atau pemasaran berjenjang.
PROGRAM PEMASARAN LANGSUNG JFC:
1. JFC menyediakan outlet-outlet yang dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan
bertransaksi dan memberikan kenyamanan pada pelanggan ketika mereka berkunjung
ke outlet JFC.
2. Adanya bus JFC JUPITER (JUPE MUTER) yang nantinya akan stand by
berjualan setiap weekend dan Car free day di daerah Dago.
5.2.5.3
izin pemasaran
PERIZINAN JFC FAST FOOD RESTAURANT:
Dalam proses
perizinan pendirian restorann JFC, maka JFC telah memenuhi izin syarat
Pengaturan, regulasi, dan standarisasi dari lembaga BPOM, Serta telah
mendapatkan sertifikat halal dari MUI.
KODE PRODUKSI
JFC yang telah lulus uji tahap verifikasi dari pemerintah adalah :
BPOM RI MD 227111034335. Dalam proses pembuatan izin pendirian
tempat usaha, JFC juga telah mengantongi izin legalisasi dari pemerintah dan
sudah lolos dari persyaratan dap tahap verifikasi yang sesuai dengan peraturan
yang berlaku.
5.2.5.4
program frekuensi pembelanjaan
Sebagai
strategi perusahaan JFC ( (Customer
Relationship Management) untuk mengikat konsumen dengan sebuah
pembelian yang telah dilakukan. Pada tujuan akhirnya untuk meningkatkan profit
perusahaan dan meningkatkan kepuasan konsumen, mempertahankan pelanggan yang
lama & menambah pelanggan yang baru.
program Frekuensi Pembelanjaan JFC:
1.
Kusus untuk pelanggan JFC yang mempunyai Member
Card akan mendapatkan kesempatan untuk holiday bareng bersama artis Julia Perez
dengan ketentuan syarat dalam jangka waktu 6 bulan para konsumen ketika
berbelanja di JFC akan mendapatkan kupon khusus event holiday ke
Singapore apabila mereka sudah mencapai transaksi min>
RP.100.000/order.
2.
Sales
promotion :
a)
penawaran harga khusus pada
setiap pelanggan JFC yang mempunyai
Member Card,
b) Diskon 5% (+5% Member Card) setiap hari bagi konsumen
yang membeli produk JFC pada jam tertentu 17.00-19.00 (dengan tujuan kusus
segmentasi pasar pada para karyawan yang
pulang kerja)**syarat & ketentuan berlaku**
c) Pembagian hadiah langsung/merchandise.
5.3 media plan
PROGRAM MEDIA PALNNING JFC:
1.
Advertising
a)
Membuat
iklan di media cetak (tabloid NOVA & majalah GENIE) terbit setiap 2 sekali.
Alasan menggunakan tabloid NOVA (tabloid
khusus kuliner)
sesuai target segmentasi pasar yaitu khusus ibu-ibu. Majalah Genie sesuai
target segmentasi pasar yaitu usia remaja, pemasangan iklan (Halaman 1)
b)
Radio
(Ardan & Dahlia) kusus untuk acara
fun bike= JFC menjalin kerjasama
bisnis advertising dengan berbagai radio
di Bandung (masing2
radio mewakili target segmentasi pasar JFC). Dengan
waktu siaran pagi 06.00-08.00/siang 11.00-13.00/ malam 17.00-22.00. dengan
tujuan waktu tersebut ialah diharapkan dapat memenuhi keseluruahan segmentasi
pasar. DI IKLANKAN SELAMA 1 BLN. Dan diwaktu-waktu tertentu secara psikologis
diharapkan dapat menstimulus atau mempengaruhi pendengar para pendengar untuk
pada finalnya memilih JFC sebagai pilihan mereka yang paling utama.
c)
DUA MEDIA
TERSEBUT MENGGUNAKAN BRAND AMBASADOR
ARTIS JULIA PEREZ, dimaksudkan agar dengan nama besar Jupe maka
masyarakat akan lebih menaruh kredibilitas dan mempunyai rasa interest yang
lebih tinggi secara psikologis.
2.
Sales Promotion:
a.
penawaran harga khusus pada
setiap pelanggan JFC yang mempunyai
Member Card,
b. Diskon 5% (+5% Member Card) setiap hari bagi konsumen
yang membeli produk JFC pada jam tertentu 17.00-19.00 (dengan tujuan kusus
segmentasi pasar pada para karyawan yang
pulang kerja)**syarat & ketentuan berlaku**
c. Pembagian hadiah langsung/merchandise.
d. Pembagian brosur dan kupon JFC di event fun bike.
3.
Personal
selling:
Konsumen
adalah bagian terpenting dalam target pasar Jupe Fried Chiken. Konsumen yang
konsumtif juga merupakan sasaran utama maka dari itu promosi yang kami lakukan
untuk JFC dalam personal selling adalah dengan cara membagikan flyer di
persimpangan jalan dan membuat event berskala besar seperti Fun Bike serta
menggundang langsung Julia Peres agar mendapatkan perhatian lebih dari
masyarakat untuk datang dalam event tersebut. Karena kami rasa dengan
mengadakan event tersebut akan dapat menyedot perhatian berbagai kalangan mulai
dari anak kecil, dewasa, maupun yang sudah berkeluarga, sesuai dengan
segmentasi JFC yang mencangkup semua kalangan.
4. Di dalam bis JFC JUPITER sudah ada
cakupan mix marketing dari (Direct Marketing, Sales promotion & personal
selling).
5.
sosial Media:
1. adanya program kontes “FUN PHOTOGRAPHY WITH
JFC” yakni JFC membuat strategi soft marketing dengan cara melalui promosi
internet di acara tersebut, dimana masyarakat dapat mengikuti kontes photo
tersebut, mereka yang memiliki moment-moment foto bersama JFC kemudian mereka kirim hasil foto-foto unik
mereka melalui akun fans Page, twitter & website JFC. Dan pemenangnya akan
mendapat doorprice yang special.
2. Situs Internet JFC Berguna untuk membangun relasi antara
perusahaan dan konsumen, kecanggihan teknologi di manfaatkan oleh para
pembisnis untuk meningkatkan profit perusahaan. JFC menggunakan situs internet
sebagai media untuk mengenalkan, mempromosikan bahkan memanjakan custumer agar
mereka tergiur untuk membeli atau menggunakan brand mereka. Brand JFC juga mempunyai
berbagai macam situs social media seperti : Fans Page Facebook, akun official
twitter @Dadanya_jupe dan web http://jfcimc.webs.com/.
3. publisitas JFC dengan membuat
artikel dimedia cetak dan elektrronik. tentang brand image JFC yang makanan
Fast food non-cholesterol, low sugar, no Trans fat dan organic ingredients.
4.
Program Public Relation:
a)
Acara
preskon JUPE diliput media dan akan ditayangkan pada acara INSERT TRANS TV.
b)
Program PR menjalin relasi antara perusahaan
dengan karyawan agar makin erat hubungan secara formal maupun informal.
Mengundang media dan melakukan press conference untuk event fun bike kususnya.
Melakukan relasi dengan pihak PEMKOT Bandung agar image JFC bisa lebih strong
di semua kalangan.
c)
Special Programing PR dan CSR bekerjasama dengan pemkot
bandung dan instansi pendidikan untuk acara penggalangan dana dengan tema “ JFC
UNTUK NEGERI”. Dimana kegiatan positif itu mengajak kaum pelajar bersama pemkot
bandung untuk lebih membangun serta memajukan sarana & prasarana pendidikan
di kota Bandung. Dalam program tersebut JFC ingin membangun sebuah kredibilitas
dan kepedulian image terhadap masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar